Abstrak
Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media Mind Mapping dengan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap hasil belajar siswa kelas VII di MTsN 1 HSS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Eksperiment dengan metode kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Postest Design dengan Teknik analisis data uji t. Sampel yang di ambil kelas VII D laki-laki 24 orang dan kelas VII F perempuan 24 orang. Penggunaan media Mind Mapping dalam proses pembelajaran SKI sangat diperlukan agar tujuan pembelajaran tercapai. Berdasarkan Mind Mapping hasil penelitian, disimpulkan terdapat seberapa besar pengaruh media terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI VII di MTsN 1 HSS. dibuktikan dengan hasil uji hipotesis menggunakan uji t yang apabila nilai signifikansi <0,05 maka hipotesis alternatif diterima dan terbukti kebenarannya. Dari hasil uji tersebut diperoleh nilai signifikansi 0,000<0,05 sehingga dapat dikatakan Ha diterima. Nilai koefisien korelasi dari uji hasil uji r diperoleh nilai 0,700 dan dinyatakan tergolong dalam kategori kuat. Pengaruh variable X (media Mind Mapping) terhadap variable Y (hasil belajar) berdasarkan hasil uji R2 69% artinya kemampuan variable independent dalam penelitian ini mempengaruhi variable dependent sebesar 69.9% sedangkan sisanya sebesar 30.1% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Judul | PENGARUH MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII DI MTsN 1 HSS |
---|---|
Penulis | Riri Aspiya/ 2019122221 |
Kategori | Skripsi Mahasiswa |
Program Studi | PAI |
Subjek | Media Pembelajaran |
Penerbit | IAI DARUL ULUM KANDANGAN |
Nomor seri | 1 |
Pembimbing | (I) Fahrinawati, M.Pd., (II) Tubagus Panambaian, M.Pd. |
File / Url | |
Tanggal Upload | 09-09-2025 |