Abstrak
Model pembelajaran sangat penting khususnya pada proses pembelajaran yang akan mempengaruhi kualitas hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran Example Non Example. Penelitian ini mengkaji apakah Model Pembelajaran Example Non Example Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II di SD Negeri 2 Pakapuran Kacil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas II di SD Negeri 2 Pakapuran Kacil tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode pra eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti berupa tes dan dokumentasi, serta sampel dengan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa dengan jumlah 89 siswa. Hasil penelitian ini dengan teknik analisis data menggunakan rumus uji t dengan adanya pengaruh yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Example Non Example dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan pada perhitungan dengan uji hipotesis yaitu diperoleh ????ℎ???????????????????? 7,17 sedangkan ???????????????????????? dengan taraf signifikan 0,05 yaitu 2,20 sehingga ????ℎ???????????????????? (7,17) > ???????????????????????? (2,20) dengan demikian Ho ditolak sedangkan Ha diterima.
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II DI SD NEGERI 2 PAKAPURAN KACIL |
---|---|
Penulis | Humairah/ 2018150046 |
Kategori | Skripsi Mahasiswa |
Program Studi | PGMI |
Subjek | Sistem Pembelajaran |
Penerbit | IAI DARUL ULUM KANDANGAN |
Nomor seri | 1 |
Pembimbing | (I) Nurul Fauziah, M. Pd. (II) Nor Asyriah, M. P |
File / Url | |
Tanggal Upload | 09-09-2025 |