preloader

23 Oktober 2025

Jln. Rantauan RT 03 RW II Gambah Luar, Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan 71216 - Kalimantan Selatan Selatan

Tanya - tanya langsung: Whatsapp Disini!

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII MTsN 11 HULU SUNGAI SELATAN

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII MTsN 11 HULU SUNGAI SELATAN

Syifa Hermiliana/ 2021122502

Abstrak

Keaktifan belajar siswa merupakan salah satu indikator keberhasilan proses pembelajaran. Namun, dalam praktiknya, pembelajaran masih didominasi oleh metode ceramah yang membuat siswa pasif. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan penerapan model pembelajaran yang mendorong partisipasi aktif siswa, salah satunya adalah Collaborative Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Collaborative Learning terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII MTsN 11 Hulu Sungai Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Sampel diambil secara purposive sampling, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol, masing-masing terdiri dari 29 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji t-test, Mann-Whitney U, dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Collaborative Learning berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar siswa, dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05)

Judul PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII MTsN 11 HULU SUNGAI SELATAN
Penulis Syifa Hermiliana/ 2021122502
Kategori Skripsi Mahasiswa
Program Studi PAI
Subjek Sistem Pembelajaran
Penerbit IAI DARUL ULUM KANDANGAN
Nomor seri 1
Pembimbing (I) Fahrinawati, M.Pd. Pembimbing (II) Hairidah, M.Pd.
File / Url
-
    Tanggal Upload 09-09-2025

    Ingin jurnal anda di publikasikan?

    Jurnal anda berpotensi disaksikan oleh beragam viewers dengan latar belakang sesuai bidang anda.