Abstrak
Keaktifan belajar siswa merupakan salah satu indikator keberhasilan proses pembelajaran. Namun, dalam praktiknya, pembelajaran masih didominasi oleh metode ceramah yang membuat siswa pasif. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan penerapan model pembelajaran yang mendorong partisipasi aktif siswa, salah satunya adalah Collaborative Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Collaborative Learning terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII MTsN 11 Hulu Sungai Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Sampel diambil secara purposive sampling, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol, masing-masing terdiri dari 29 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji t-test, Mann-Whitney U, dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Collaborative Learning berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar siswa, dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05)
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII MTsN 11 HULU SUNGAI SELATAN |
---|---|
Penulis | Syifa Hermiliana/ 2021122502 |
Kategori | Skripsi Mahasiswa |
Program Studi | PAI |
Subjek | Sistem Pembelajaran |
Penerbit | IAI DARUL ULUM KANDANGAN |
Nomor seri | 1 |
Pembimbing | (I) Fahrinawati, M.Pd. Pembimbing (II) Hairidah, M.Pd. |
File / Url | |
Tanggal Upload | 09-09-2025 |