Abstrak
Pada proses pembelajaran, penggunaan metode ataupun model sangatlah penting untuk menunjang keberhasilan mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran Akidah Akhlak yang cenderung menggunakan metode konvensional (ceramah) mesti diupayakan untuk lebih variatif, salah satunya dengan model LOK-R. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besaran pengaruh penggunaan model pembelajaran LOK-R terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 11 HSS. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode quasi experiment. Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes berupa pretest dan posttest. Sampel yang digunakan adalah sensus/sampling total dengan sampel kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan 29 siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan 29 siswa. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan Uji t menggunakan aplikasi SPSS Versi 21. Hasil Uji t pada penelitian ini adalah nilai signifikansi (2-tailed) = 0,000 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Hα diterima menunjukkan bahwa ada pengaruh dari model LOK-R terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 11 Hulu Sungai Selatan sebesar 22,3% yang berarti kualitas pengaruh ini termasuk dalam kategori lemah.
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOK-R TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTsN 11 HSS |
---|---|
Penulis | Nor Jannah/2021122514 |
Kategori | Skripsi Mahasiswa |
Program Studi | PAI |
Subjek | Sistem Pembelajaran |
Penerbit | IAI DARUL ULUM KANDANGAN |
Nomor seri | 1 |
Pembimbing | (I) Sulaiman Jazuli, M.Pd. (II) Noor Fitriah, M.Pd |
File / Url | |
Tanggal Upload | 09-09-2025 |