Abstrak
Kurikulum merupakan hal yang penting dalam pelaksanaan pembelajaran yang disampaikan sebagai pedoman agar tercapai tujuan pembelajaran, dalam sekolah biasanya hanya menggunakan satu kurikulum saja, namun bagaimana jika madrasah menggunakan 2 kurikulum sekaligus dan bagaimana penerapan dan penggunaannya sehingga dari latar belakang ini, penulis melakukan penelitian di MI Ibnu Athaillah Kapuh Kandangan yang menggunakan 2 kurikulum secara bersama-sama. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Kurikulum Madrasah Plus Pondok Pesantren di MI Ibnu Athaillah Kapuh Kandangan yang menerapkan 2 kurikulum sekaligus. Jenis penilitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru di MI Ibnu Athaillah Kapuh Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Objek penelitian ini yaitu Penerapan Kurikulum Madrasah Plus Pondok Pesantren Di MI Ibnu Athaillah Kapuh Kandangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan 2 kurikulum secara bersama-sama yakni dengan cara memasukkan pelajaran kurikulum pondok pesantren Ibnu Athaillah Kapuh Kandangan ke dalam pelajaran MI Ibnu Athaillah Kapuh Kandangan dengan menggabungkan secara langsung dan dipelajari secara waktu yang bersamaan juga. Pelaksanaan kurikulum madrasah 30 % dan kurikulum pondok 70 % meliputi pelajaran akhlak, tarikh, tauhid, khat, muhadasah, mufradat, imla, insya, iqra’ ibadah, tajwid, arab malayu, mahfuzat, nahwu dan sharaf.
Judul | PENERAPAN KURIKULUM MADRASAH PLUS PONDOK PESANTREN DI MI IBNU ATHAILLAH KAPUH KANDANGAN |
---|---|
Penulis | Fenny Rosanti/ 2019150071 |
Kategori | Skripsi Mahasiswa |
Program Studi | PGMI |
Subjek | Sistem Pembelajaran |
Penerbit | IAI DARUL ULUM KANDANGAN |
Nomor seri | 1 |
Pembimbing | (I) Fitriah, M.Pd. (II) Nurul Fauziah, M.Pd. |
File / Url | |
Tanggal Upload | 04-09-2025 |