Abstrak
Pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas hidup, salah satunya melalui evaluasi pembelajaran. Dalam proses evaluasi, analisis butir soal menjadi krusial untuk menjamin keadilan dan objektivitas penilaian. Tes yang baik harus memenuhi unsur validitas dan reliabilitasnya agar mampu mengukur capaian belajar secara akurat. Namun, pada praktiknya banyak soal yang disusun tanpa melalui analisis kualitas, sebagaimana yang terjadi di MIN 2 HSS, di mana butir soal IPAS kelas V belum diketahui validitas dan reliabilitasnya. Hal inilah yang mendorong dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas dan reliabilitas butir soal pilihan ganda pada Sumatif Akhir Semester (SAS) Ganjil mata pelajaran IPAS kelas V di MIN 2 Hulu Sungai Selatan Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan metode analisis isi (content analysis). Data penelitian berupa butir soal SAS dan lembar jawaban siswa, yang dianalisis menggunakan perangkat lunak statistik untuk mengukur validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 25 butir soal yang diuji, sebanyak 23 butir soal (92%) dinyatakan valid, sementara 2 butir soal (8%) dinyatakan tidak valid. Pengujian reliabilitas menggunakan koefisien alpha menghasilkan nilai sebesar 0,502, yang menunjukkan tingkat reliabilitas berada dalam kategori cukup baik
Judul | ANALISIS BUTIR SOAL SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN IPAS KELAS V MIN 2 HSS |
---|---|
Penulis | Norsifa Hayati/ 2019150106 |
Kategori | Skripsi Mahasiswa |
Program Studi | PGMI |
Subjek | Sistem Pembelajaran |
Penerbit | IAI DARUL ULUM KANDANGAN |
Nomor seri | 1 |
Pembimbing | (I) Nurul Fauziah, M. Pd (II) Nor Asyriah, M.Pd |
File / Url | |
Tanggal Upload | 04-09-2025 |