Abstrak
Pembelajaran yang masih didominasi oleh metode konvensional cenderung membuat siswa pasif dan kurang memahami konsep-konsep dasar matematika secara mendalam. Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar, diperlukan penerapan model pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan. quantum teaching hadir sebagai salah satu alternatif yang menekankan pada keterlibatan emosional, fisik, dan intelektual siswa dalam proses belajar, melalui pendekatan yang mengaitkan materi dengan pengalaman nyata dan suasana belajar yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar matematika Kelas III MIN 2 Hulu Sungai Selatan. Jenis penelitian berupa penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran quantum teaching berpengaruh terhadap kemampuan hasil belajar matematika. Hal ini terbukti dari hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi (p-value) kurang dari 0,001, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Selain itu, uji homogenitas varians melalui Levene’s Test menunjukkan bahwa data kedua kelompok memiliki varians yang homogen (p = 0,983), sehingga asumsi untuk uji-t terpenuhi. Dengan demikian, hasil uji-t yang ditampilkan (nilai t = -20,5 dan nilai p < 0,001), maka hipotesis nol (H₀) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi, penggunaan model pembelajaran quantum teaching terbukti berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III MIN 2 Hulu Sungai Selatan.
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III MIN 2 HULU SUNGAI SELATAN |
---|---|
Penulis | Nurhikmah/ 2021150177 |
Kategori | Skripsi Mahasiswa |
Program Studi | PGMI |
Subjek | Media Pembelajaran |
Penerbit | IAI DARUL ULUM KANDANGAN |
Nomor seri | 1 |
Pembimbing | Fitriah, M.Pd Nor Amalia Abdiah, M.Psi., Psikolog |
File / Url | |
Tanggal Upload | 28-08-2025 |