preloader

23 Oktober 2025

Jln. Rantauan RT 03 RW II Gambah Luar, Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan 71216 - Kalimantan Selatan Selatan

Tanya - tanya langsung: Whatsapp Disini!

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III MIN 2 HULU SUNGAI SELATAN

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III MIN 2 HULU SUNGAI SELATAN

Nurhikmah/ 2021150177

Abstrak

Pembelajaran yang masih didominasi oleh metode konvensional cenderung membuat siswa pasif dan kurang memahami konsep-konsep dasar matematika secara mendalam. Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar, diperlukan penerapan model pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan. quantum teaching hadir sebagai salah satu alternatif yang menekankan pada keterlibatan emosional, fisik, dan intelektual siswa dalam proses belajar, melalui pendekatan yang mengaitkan materi dengan pengalaman nyata dan suasana belajar yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar matematika Kelas III MIN 2 Hulu Sungai Selatan. Jenis penelitian berupa penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran quantum teaching berpengaruh terhadap kemampuan hasil belajar matematika. Hal ini terbukti dari hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi (p-value) kurang dari 0,001, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Selain itu, uji homogenitas varians melalui Levene’s Test menunjukkan bahwa data kedua kelompok memiliki varians yang homogen (p = 0,983), sehingga asumsi untuk uji-t terpenuhi. Dengan demikian, hasil uji-t yang ditampilkan (nilai t = -20,5 dan nilai p < 0,001), maka hipotesis nol (H₀) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi, penggunaan model pembelajaran quantum teaching terbukti berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III MIN 2 Hulu Sungai Selatan.

Judul PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III MIN 2 HULU SUNGAI SELATAN
Penulis Nurhikmah/ 2021150177
Kategori Skripsi Mahasiswa
Program Studi PGMI
Subjek Media Pembelajaran
Penerbit IAI DARUL ULUM KANDANGAN
Nomor seri 1
Pembimbing Fitriah, M.Pd Nor Amalia Abdiah, M.Psi., Psikolog
File / Url
-
    Tanggal Upload 28-08-2025

    Ingin jurnal anda di publikasikan?

    Jurnal anda berpotensi disaksikan oleh beragam viewers dengan latar belakang sesuai bidang anda.