Abstrak
Adanya variasi dalam proses pembelajaran seperti adanya media pembelajaran dapat menambah semangat siswa dalam belajar, selain itu siswa juga menjadi lebih aktif dan tidak mudah bosan selama proses pembelajaran sehingga dapat menjadikan hasil belajar yang lebih baik. Salah satu media pembelajaran yang aktif, menarik, dan menyenangkan adalah media pembelajaran Puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebesar besar pengaruh penggunaan media pembelajaran Puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas II MIN 11 Hulu Sungai Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu kelas II yang berjumlah 39 orang dengan sampel kelas eksperimen yang berjumlah 19 orang dan kelas kontrol yang berjumlah 20 orang. Serta teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji coba instrumen, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil uji t menunjukkan perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol t hitung (7,136) > t tabel (1,687) dan sig. 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak Ha diterima. Selain itu hubungan variabel independent dan variabel dependent tergolong kuat dengan nilai r sebesar 0.633. Dan selain itu, nilai R 2 menunjukkan 0,401 atau 40% yang artinya bahwa kemampuan variabel media pembelajaran Puzzle mempengaruhi sebesar 40%
Judul | PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II MIN 11 HULU SUNGAI SELATAN |
---|---|
Penulis | Salmiati/ 2020150157 |
Kategori | Skripsi Mahasiswa |
Program Studi | PGMI |
Subjek | Media Pembelajaran |
Penerbit | IAI DARUL ULUM KANDANGAN |
Nomor seri | |
Pembimbing | (I) Nor Asyriah, M.Pd. (II) Nurul Fauziah, M.Pd |
File / Url | |
Tanggal Upload | 28-08-2025 |