preloader

23 Oktober 2025

Jln. Rantauan RT 03 RW II Gambah Luar, Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan 71216 - Kalimantan Selatan Selatan

Tanya - tanya langsung: Whatsapp Disini!

IMPLEMENTASI ASESMEN PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SDIT AL-KHAIR BARABAI

IMPLEMENTASI ASESMEN PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SDIT AL-KHAIR BARABAI

Dhia Umi Laila/ 2021150178

Abstrak

Pada proses pembelajaran, implementasi asesmen sangatlah penting untuk menunjang keberhasilan belajar selama satu semester. Dalam kurikulum merdeka asesmen dilakukan dengan 3 tahap, yaitu menggunakan asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui cara guru megimplementasikan asesmen pada Kurikulum Merdeka, dan mengetahui kendala dan dampak yang terjadi pada pembelajaran dalam kurikulum merdeka di SDIT AL-KHAIR Barabai. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Penelitian Deskriptif adalah jenis penelitian yang mendeskripsikan atau menggambarkan suatu masalah. Penelitian deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan suatu populasi, situasi atau fenomena secara akurat dan sistematis tentang implementasi asesmen dalam kurikulum merdeka di SDIT AL-KHAIR Barabai. Dengan subjek penelitian adalah guru wali kelas, guru mata pelajaran, peserta didik, wakamad kurikulum, dan kepala sekolah. Melalui Teknik analisis data penelitian ini menghasilkan temuan yang sesuai di lapangan dengan kaidah teori asesmen pada kurikulum merdeka, guru kelas dan guru mata pelajaran terlebih dahulu menggunakan proses perencanaan sebelum melaksanakan asesmen pembelajaran, melaksanakan 3 bentuk asesmen dalam pelaksanaan pembelajaran, dan melaksanakan tindak lanjut pembelajaran ketika siswa mengalami kesulitan belajar. Namun, berjalannya waktu proses asesmen tersebut tentunya ada dampak dan kendala yang dirasakan guru seperti kurangnya waktu dalam melaksanakan asesmen dikarenakan waktu pembelajaran yang singkat dan kurang, sehingga pada kendala tersebut terdapat dampak pada murid yaitu kurangnya disiplin dalam proses pembelejaran, namun ada dampak positif yang dirasakan guru yaitu dapat melihat pemahaman siswa dalam proses pembelajaran berlangsung sehingga memudahkan proses asesmen.

Judul IMPLEMENTASI ASESMEN PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SDIT AL-KHAIR BARABAI
Penulis Dhia Umi Laila/ 2021150178
Kategori Skripsi Mahasiswa
Program Studi PGMI
Subjek Sistem Pembelajaran
Penerbit IAI DARUL ULUM KANDANGAN
Nomor seri 1
Pembimbing (I) Nor Asyriah, M.Pd. (II) Fitriah, M.Pd
File / Url
-
    Tanggal Upload 23-08-2025

    Ingin jurnal anda di publikasikan?

    Jurnal anda berpotensi disaksikan oleh beragam viewers dengan latar belakang sesuai bidang anda.