Abstrak
Implementasi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti merupakan suatu aktivitas usaha berupa tindakan dan bimbingan yang dilakukan secara terencana yang mengarah pada terbentuknya kepribadian anak didik yang sesuai dengan norma-norma yang ditentukan oleh ajaran agama. Di SMP Negeri 3 Kandangan, implementasi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dilakukan untuk mencegah kesenjangan pemahaman siswa akibat perbedaan latar belakang pendidikan agama di rumah, serta pengaruh perkembangan teknologi yang mengubah pola belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Kandangan. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang mengajar di kelas VII. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Kandangan meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pada tahap perencanaan pembelajaran mencakup analisis kebutuhan dan penetapan tujuan pembelajaran. Pada pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui berbagai metode pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Dalam evaluasi pembelajaran dilakukan melalui berbagai metode, seperti tes tertulis, tugas proyek, serta observasi terhadap sikap dan perilaku siswa di dalam maupun di luar kelas.Implementasi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti merupakan suatu aktivitas usaha berupa tindakan dan bimbingan yang dilakukan secara terencana yang mengarah pada terbentuknya kepribadian anak didik yang sesuai dengan norma-norma yang ditentukan oleh ajaran agama. Di SMP Negeri 3 Kandangan, implementasi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dilakukan untuk mencegah kesenjangan pemahaman siswa akibat perbedaan latar belakang pendidikan agama di rumah, serta pengaruh perkembangan teknologi yang mengubah pola belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Kandangan. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang mengajar di kelas VII. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Kandangan meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pada tahap perencanaan pembelajaran mencakup analisis kebutuhan dan penetapan tujuan pembelajaran. Pada pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui berbagai metode pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Dalam evaluasi pembelajaran dilakukan melalui berbagai metode, seperti tes tertulis, tugas proyek, serta observasi terhadap sikap dan perilaku siswa di dalam maupun di luar kelas.
Judul | IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 3 KANDANGAN |
---|---|
Penulis | AKHMAD ANDRI RIDANI/ 2021122492 |
Kategori | Skripsi Mahasiswa |
Program Studi | PAI |
Subjek | Pendidikan Agama Islam |
Penerbit | IAI DARUL ULUM KANDANGAN |
Nomor seri | |
Pembimbing | (I) Hairidah, M.Pd, (II) Nurul Huda, M.Pd.I. |
File / Url | |
Tanggal Upload | 12-06-2025 |