Abstrak
Pada proses pembelajaran, penggunaan metode sangatlah penting untuk menunjang keberhasilan mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran Akidah Akhlak yang cenderung menggunakan metode konvensional mesti diupayakan untuk lebih variatif, salah satunya dengan metode Story telling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode Story telling terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 10 Hulu Sungai Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode quasi experiment. Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes berupa pretest dan posttest . Populasi pada penelitian ini yaitu kelas VIII yang berjumlah 190 siswa/i. Sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan sampel kelas VIII F (eksperimen) dengan 23 siswa dan kelas VIII G (kontrol) dengan 24 siswa. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan uji t menggunakan aplikasi SPSS Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari metode Story telling terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 10 Hulu Sungai Selatan.
Judul | PENGARUH METODE STORY TELLING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTsN 10 HULU SUNGAI SELATAN |
---|---|
Penulis | ZAINAL ARIFIN/ 2021122518 |
Kategori | Skripsi Mahasiswa |
Program Studi | PAI |
Subjek | Sistem Pembelajaran |
Penerbit | IAI DARUL ULUM KANDANGAN |
Nomor seri | 1 |
Pembimbing | (1) Fahrinawati, M.Pd. (II) Tubagus Panambaian, M.Pd |
File / Url | |
Tanggal Upload | 12-06-2025 |