Abstrak
Penggunaan metode yang tepat dalam proses pembelajaran sangat memengaruhi hasil yang ingin dicapai, pada awalnya metode pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran kitab kuning yang digunakan disini awalnya masih menggunakan metode Bandongan saja, Akan tetapi di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Negara menerapkan metode baru yang diberi wadah dalam pembelajaran Tarikh islam dengan menerapkan metode mind map. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Implementasi Metode Mind map dalam Pembelajaran Tarikh islam (Fahmul Maqru) di Kelas II Wustha’ Pondok Pesantren Al-Ikhlas Negara, Mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang memberikan deskripsi atau gambaran tentang situasi dan kejadian secara faktual dan sistematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa imlementasi metode mind map dalam pembelajaran tarikh islam (fahmul maqru) di Pondok Pesantren al-ikhlas Negara berjalan dengan baik, yaitu disebabkan karena metode mind map yang digunakan guru Tarikh Islam melibatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Faktor pendukung santri berperan aktif,merangsang kreativitas santri, penghubung antara teori dan praktik dan dalam kontesk santri mind map juga dapat memperkuat nilai-nilai keislaman. Faktor Penghambat Keterbatasan sumber daya, Kemampuan guru, dan Hambatan teknis seperti akses internet yang terbatas dan kurangnya familiaritas
Judul | IMPLEMENTASI METODE MIND MAP DALAM PEMBELAJARAN TARIKH ISLAM (FAHMUL MAQRU) DI KELAS II WUSTHA’ PONDOK PESANTREN AL-IKHLAS NEGARA |
---|---|
Penulis | Muhammad Zakaria Anshari/ 2020170016 |
Kategori | Skripsi Mahasiswa |
Program Studi | PBA |
Subjek | Sistem Pembelajaran |
Penerbit | IAI DARUL ULUM KANDANGAN |
Nomor seri | 1 |
Pembimbing | Muhammad Anwar, S.S, M.Pd.I , Zulkifli, S.Pd.I, M.Ag |
File / Url | |
Tanggal Upload | 12-06-2025 |