Abstrak
Strategi Pembiasaan adalah cara mendidik anak dengan menanamkan kebiasaan baik secara terus-menerus dalam kehidupan sehari-hari. Sementara kemandirian adalah proses perkembangan seseorang menuju kedewasaan melalui strategi pembiasaan dalam kegiatan sehari-hari. Strategi pembiasaan diterapkan disekolah dengan tujuan agar anak dapat menaati tata tertib tanpa ada paksaan atau terbebani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian anak di TK Dahlia pada kelompok A melalui pembiasaan sehari-hari. Kegiatan pembiasaan yang dilakukan anak sepeti mengucap salam dan berjabat tangan, meletakkan sepatu pada tempatnya dan mengambil alat tulis sendiri serta merapikannya. Jenis penelitian tindakan kelas dan pendekatan kualitatif dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi analisis data dengan menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian yang didapat selama penelitian berlangsung di TK Dahlia strategi pembiasaan dalam meningkatkan kemandirian anak, yaitu pembiasaan mengucap salam dan berjabat tangan, meletakkan sepatu pada tempatnya dan mengambil alat tulis dalam tasnya sendiri. Pada penerapan strategi ini penulis melihat peningkatan kemandirian pada anak selama proses pembelajaran berlangsung, dari siklus I rata-rata 40,5% dan siklus II cukup meningkat dengan hasil akhir rata-rata yang diperoleh anak adalah 83,4%
Judul | STRATEGI PEMBIASAAN DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DI TK DAHLIA (Desa Bangkau Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan) |
---|---|
Penulis | Ratih Purnama Sari/ 2020130114 |
Kategori | Skripsi Mahasiswa |
Program Studi | PIAUD |
Subjek | Pendidikan Karakter |
Penerbit | IAI DARUL KANDANGAN |
Nomor seri | 1 |
Pembimbing | (I) Salhah.S.Ag, M.Pd,I. (II) Nor Amalia Abdiah, M.Psi. Psikolog. |
File / Url | |
Tanggal Upload | 12-06-2025 |