Abstrak
Pendidikan karakter memang sangat penting untuk membentuk generasi muda yang berintegritas melalui pengembangan nilai-nilai etis dan moral. Namun, seiring dengan perkembangan zaman karakter anak semakin buruk, maka perlu adanya implementasi pendidikan karakter oleh para pendidik agar karakter anak tidak menjadi tambah buruk, latar belakang ini lah yang menjadi dasar penelitian penulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendidikan karakter di sekolah inklusi SD Alam Muhammadiyah Kandangan dengan fokus pada pembentukan karakter tanggung jawab, kemandirian, dan kepedulian sosial. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang melibatkan 21 guru sebagai subjek penelitian melalui teknik snowball sampling. Objek penelitian ini yaitu implementasi pendidikan karakter di sekolah inklusi SD Alam Muhammadiyah Kandangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter yang dilaksanakan melalui lima tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, peneladanan, penguatan, dan pembiasaan sudah baik. Implementasi yang dilaksanakan para guru dan staf sekolah melalui tiga kegiatan utama yaitu kegiatan pembelajaran, kegiatan keseharian, dan kegiatan ekstrakurikuler. Adapun peran pendidik dan staf TU sangat krusial dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung pengembangan karakter peserta didik.
Judul | IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH INKLUSI SD ALAM MUHAMMADIYAH KANDANGAN |
---|---|
Penulis | Juharatul Maknun NIM 2019122263 |
Kategori | Skripsi Mahasiswa |
Program Studi | PAI |
Subjek | Pendidikan Karakter |
Penerbit | IAI DARUL ULUM KANDANGAN |
Nomor seri | 1 |
Pembimbing | (I) Sulaiman Jazuli, M.Pd. (II) Tubagus Panambaian, M.Pd. |
File / Url | |
Tanggal Upload | 12-06-2025 |