Abstrak
Semakin maraknya penggunaan layanan pembayaran digital yang berpotensi memengaruhi pola konsumsi mahasiswa. Fenomena meningkatnya penggunaan layanan pembayaran digital, seperti Shopee PayLater yang dianggap memudahkan akses mahasiswa terhadap barang dan jasa, tetapi juga berpotensi menyebabkan perilaku konsumtif yang tidak terkontrol. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana penggunaan Shopee PayLater memengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa di IAI Darul Ulum Kandangan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang terpilih. Pendekatan kuantitatif dipilih untuk memungkinkan peneliti mengumpulkan data berupa angka yang kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik, sehingga dapat mengidentifikasi hubungan antara Shopee PayLater sebagai variabel independen dan tingkat perilaku konsumtif mahasiswa sebagai variabel dependen. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa analisis data dilakukan menggunakan regresi linear sederhana untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Shopee PayLater memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa, dengan koefisien regresi sebesar 1,315 dan nilai signifikansi p < 0,002. Kesimpulan ini menegaskan bahwa semakin tinggi penggunaan Shopee PayLater, semakin tinggi pula tingkat konsumsi mahasiswa, yang mengindikasikan perlunya pengelolaan keuangan yang bijak di kalangan mahasiswa.
Judul | PENGARUH PENGGUNAAN SHOPEE PAYLATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PRODI EKONOMI SYARIAH IAI DARUL ULUM KANDANGAN |
---|---|
Penulis | Ahmad Hasbi Assidiqi/ 2020140121 |
Kategori | Skripsi Mahasiswa |
Program Studi | ES |
Subjek | Ekonomi Syariah |
Penerbit | IAI DARUL ULUM KANDANGAN |
Nomor seri | 8 |
Pembimbing | (1( Muhammad Muallifurrahmi Arramidly, S.E., M.E., Pembimbing (II) Lahmudinur, S.E., MH. |
File / Url | |
Tanggal Upload | 20-05-2025 |