Abstrak
Penelitian ini ditemukan karena seorang guru merupakan orang yang bertugas mendidik, mengembangkan, mengadakan pengajaran, dan memberikan bimbingan kedisiplinan di sekolah. RA Nurul Jannah merupakan sekolah swasta, dengan kemampuan guru yang sangat luar biasa. Mereka mendisiplinkan anakanak dengan berbagai metode, salah satu metode yang digunakan yaitu metode reward. Reward yang diberikan pun bermacam-macam dan bertujuan untuk mendisiplinkan anak. Sehingga perlu diteliti lebih lanjut tentang bagaimana penerapan metode reward. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan dan kendala metode reward di RA Nurul Jannah Desa Hamayung Kecamatan Daha Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode reward dan kendala dalam mendisiplinkan anak usia 5-6 tahun di RA Nurul Jannah Desa Hamayung. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan kepala RA Nurul Jannah serta orang tua anak. Hasil penelitian dari penerapan metode reward dalam mendisiplinkan anak usia 5-6 tahun di RA Nurul Jannah Desa Hamayung Kecamatan Daha Utara adalah dengan pemberian pujian, pemberian tepuk tangan, pemberian acung jempol dan pemberian materi (bintang dan alat tulis), dan kendala penerapan metode reward adalah keadaan psikis, fisik, keluarga, masyarakat dan sekolah.
Judul | PENERAPAN METODE REWARD DALAM MENDISIPLINKAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA NURUL JANNAH DESA HAMAYUNG KECAMATAN DAHA UTARA |
---|---|
Penulis | Nor Jannah/ 2020130105 |
Kategori | Skripsi Mahasiswa |
Program Studi | PIAUD |
Subjek | Sistem Pembelajaran |
Penerbit | IAI DARUL ULUM KANDANGAN |
Nomor seri | 65 |
Pembimbing | (1) Salhah, S.Ag, M.Pd.I, Pembimbing (II) Asiah, M.Pd. |
File / Url | |
Tanggal Upload | 15-03-2025 |