Abstrak
Perkembangan kognitif adalah salah satu aspek penting yang harus dikembangkan untuk kemampuan berpikir anak. Perkembangan kognitif bertujuan agar anak mampu mengelola perolehan belajarnya, menemukan bermacam-macam alternatif pemecahan masalah, pengembangan kemampuan logika matematika, pengetahuan ruang dan waktu, kemampuan memilah dan mengelompokkan dan persiapan pengembangan kemampuan berpikir teliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode eksperimen pencampuran warna dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini serta faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di TK Tarbiyatul Furqan Kandangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak-anak kelas B yang berjumlah 16 anak. Objek penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen pencampuran warna dan faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di TK Tarbiyatul Furqan Kandangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen pencampuran warna dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. Hal ini dapat dilihat dari pra siklus sebesar 31,25%, selanjutnya terjadi peningkatan pada siklus I dan siklus II dengan rataratanya, yaitu siklus I sebesar 51,56% dan siklus II sebesar 82,81%. Dan faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak, yaitu faktor sekolah dan faktor keluarga.
Judul | IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN PENCAMPURAN WARNA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK TARBIYATUL FURQAN KANDANGAN |
---|---|
Penulis | MUHAMMAD HALIM |
Kategori | Skripsi Mahasiswa |
Program Studi | PIAUD |
Subjek | Media Pembelajaran |
Penerbit | IAI DARUL ULUM KANDANGAN |
Nomor seri | 63 |
Pembimbing | (I) Salhah, S. Ag M. Pd, (II) Alfina Lailan, M. Pd |
File / Url | |
Tanggal Upload | 15-03-2025 |