Abstrak
Dalam pembelajaran bahasa Arab, penguasaan kosakata (mufradāt)
merupakan kunci utama untuk memahami dan menguasai bahasa tersebut. Proses
ini memerlukan metode yang tepat dalam penguasaanya. Pondok Pesantren AlBaladul Amin menerapkan metode mimicry memorization (mim-mem method)
untuk membantu santri dalam menghafal mufradāt dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode mimicry
memorization (mim-mem method) dalam menghafal mufradāt bagi santri kelas I
ibtidā’ di Pondok Pesantren Al-Baladul Amin Telaga Langsat. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mimicry memorization telah
diterapkan dengan baik di Pondok Pesantren Al-Baladul Amin. Perencanaan
pembelajaran dilakukan secara terstruktur dengan pemilihan mufradāt yang sesuai
dengan kehidupan sehari-hari, pembagian materi berdasarkan jenis kata (isim dan
fi'il), serta penggunaan kitab "al-Asmā’ dan al-Af‘āl al-Yawmiyyah lil-Mubtadi",
yang memberikan dasar yang kuat bagi para santri. Pelaksanaan metode ini
mencakup pengulangan pengucapan, peniruan suara, dan dorongan untuk
menggunakan mufradāt dalam kalimat sederhana.
Judul | IMPLEMENTASI METODE MIMICRY MEMORIZATION (MIM-MEM METHOD) DALAM MENGHAFAL MUFRADĀT BAGI SANTRI KELAS I IBTIDĀ’ DI PONDOK PESANTREN AL-BALADUL AMIN TELAGA LANGSAT |
---|---|
Penulis | M.KASTALANI/ 2020170019 |
Kategori | Skripsi Mahasiswa |
Program Studi | PBA |
Subjek | Media Pembelajaran |
Penerbit | IAI DARUL ULUM KANDANGAN |
Nomor seri | 5 |
Pembimbing | (I) Laksana Tri Prasetya, M.Pd, (II) Hazir Ika Silvia Marlina, M.Pd.I |
File / Url | |
Tanggal Upload | 12-03-2025 |