Abstrak
Selama proses evaluasi konvensional peserta didik merasa kurang tertarik,
bosan, dan kurang termotivasi, dalam pelaksanaannya dirasa kurang praktis guru
masih membutuhkan waktu melakukan perhitungan nilai, maka guru mencoba
penilaian menggunakan Media Quizizz sebagai media evaluasi agar penilaian
menjadi mudah dan proses penilaian menjadi bervariasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Media
Quizizz dalam evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan subjek Guru PAI dan peserta didik
kelas VIII A berjumlah 29 orang. Adapun objeknya adalah efektivitas penggunaan
Media Quizizz dalam evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1
Daha Selatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara,
dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan penggunaan Media Quizizz efektif dalam
evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII A SMPN 1 Daha
Selatan. Terlihat tercapainya 3 ukuran yang telah ditetapkan diantaranya
efektivitas waktu yaitu tujuan yang ditetapkan guru telah tercapai, efektivitas
tenaga yaitu partisipasi peserta didik meningkat, dan efektivitas hasil yang
diperoleh yaitu hasil prestasi peserta didik meningkat, diikuti faktor penggunaan
Media Quizizz. Faktor pendukung yaitu guru dimudahkan dalam membuat soal
dan penilaian, adanya kompetisi dan evaluasi menjadi menarik, untuk faktor
penghambat yaitu jaringan tidak stabil, keterbatasan kouta internet peserta didik,
dan sulit mengetahui siapa yang mengakses
Judul | EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA QUIZIZZ DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 DAHA SELATAN |
---|---|
Penulis | LISA/ 2016121919 |
Kategori | Penelitian Dosen |
Program Studi | PAI |
Subjek | Media Pembelajaran |
Penerbit | IAI DARUL ULUM KANDANGAN |
Nomor seri | 47 |
Pembimbing | (I) Dr. Muhammad Yusran, S.Pd.I, MSI. (II) Nor Asyriah M.Pd. |
File / Url | |
Tanggal Upload | 23-01-2025 |